Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa (doi:10.34820/FK2/K0PWGK)

View:

Part 1: Document Description
Part 2: Study Description
Part 5: Other Study-Related Materials
Entire Codebook

(external link)

Document Description

Citation

Title:

Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa

Identification Number:

doi:10.34820/FK2/K0PWGK

Distributor:

Telkom University Dataverse

Date of Distribution:

2022-09-19

Version:

1

Bibliographic Citation:

Yanuar Herlambang, 2022, "Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa", https://doi.org/10.34820/FK2/K0PWGK, Telkom University Dataverse, V1

Study Description

Citation

Title:

Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa

Identification Number:

doi:10.34820/FK2/K0PWGK

Authoring Entity:

Yanuar Herlambang (Fakultas Industri Kreatif - Innovative Lifestyle & Designed Environment)

Distributor:

Telkom University Dataverse

Access Authority:

Yanuar Herlambang

Depositor:

HERLAMBANG, YANUAR

Date of Deposit:

2022-09-19

Study Scope

Keywords:

Arts and Humanities, Social Sciences, kreativitas; generasi muda; budaya; kemajuan bangsa; industri kreatif

Abstract:

Indonesia yang kaya akan sumber daya alam tidak menjadi jaminan menciptakan masyarakatnya sejahtera dan maju, kemerdekaan hanyalah ilusi semata, kemiskinan masih menjadi pekerjaan rumah bangsa ini yang sudah sejak lama belum terselesaikan, buruknya kinerja pemerintah menambah beban yang harus ditanggung generasi muda sebagai generasi penerus, pelestarian budaya kolonialisme kemudian menjadikan bangsa ini sebagai bangsa konsumen, bangsa pengikut. Tidak bisa dipungkiri dengan menjadi negara konsumen kita menjadi ‘kaya’ akan berbagai pengetahuan, informasi dan produk berteknologi tinggi, ditambah dengan makin meningkatnya jumlah masyarakat kelas menengah yang menjadikan Indonesia sebagai pasar yang besar. Akan tetapi ternyata kita belum dapat menjadi bangsa yang makmur dan mandiri, kita menjadi pasar terbesar ketiga untuk produk sepeda motor akan tetapi kita masih belum dapat memproduksinya sendiri, begitu pula dengan berbagai produk konsumsi lainnya. Sudah saatnya kita maju dengan landasan pengembangan, bukan lagi hanya pelestari budaya lama yang statis, bukan lagi melihat peluang dari devisa TKI. Kita harus mulai mengandalkan sumber daya manusia yang kreatif, generasi muda yang menjadi solusi yang berorientasi ke masa depan. Kreativitas jika kita telusuri ternyata memiliki potensi yang besar yang dapat memberikan pengaruh besar pula terhadap berbagai aspek kehidupan yang kita jalani, peran kreativitas para generasi muda sebagai generasi penerus bangsa harus ditingkatkan karena mereka adalah salah satu kekuatan yang dapat mengoptimalkan seluruh potensi bangsa Indonesia. Kata kunci: kreativitas; generasi muda; budaya; kemajuan bangsa; industri kreatif

Methodology and Processing

Sources Statement

Data Access

Notes:

CC0 Waiver

Other Study Description Materials

Related Publications

Citation

Identification Number:

10.38204/TEMATIK.V2I2.69

Bibliographic Citation:

Yanuar Herlambang, S. S., & A. C. A. (2015). PERAN KREATIVITAS GENERASI MUDA DALAM INDUSTRI KREATIF TERHADAP KEMAJUAN BANGSA. TEMATIK, 2(1), 61–71. https://doi.org/10.38204/TEMATIK.V2I1.66

Other Study-Related Materials

Label:

Peran_Kreativitas_Generasi_Muda_Dalam_Industri_Kreatif_Terhadap_Kemajuan_Bangsa_rev-with-cover-page-v2.pdf

Notes:

application/pdf