View: |
Part 1: Document Description
|
Citation |
|
---|---|
Title: |
Analisis Perpindahan Wisatawan dan Preferensi Destinasi Wisata Favorit Berdasarkan Geotag Instagram (Studi Kasus pada Destinasi Wisata Bandung Raya) |
Identification Number: |
doi:10.34820/FK2/NNTGLR |
Distributor: |
Telkom University Dataverse |
Date of Distribution: |
2023-10-02 |
Version: |
1 |
Bibliographic Citation: |
Irawan, Herry; Nurhazizah, Eva, 2023, "Analisis Perpindahan Wisatawan dan Preferensi Destinasi Wisata Favorit Berdasarkan Geotag Instagram (Studi Kasus pada Destinasi Wisata Bandung Raya)", https://doi.org/10.34820/FK2/NNTGLR, Telkom University Dataverse, V1, UNF:6:LXGXtGJc6dEfPGIsKrNhtA== [fileUNF] |
Citation |
|
Title: |
Analisis Perpindahan Wisatawan dan Preferensi Destinasi Wisata Favorit Berdasarkan Geotag Instagram (Studi Kasus pada Destinasi Wisata Bandung Raya) |
Identification Number: |
doi:10.34820/FK2/NNTGLR |
Authoring Entity: |
Irawan, Herry (Fakultas Ekonomi & Bisnis: KK ICT Based Management (IBM)) |
Nurhazizah, Eva (Fakultas Ekonomi & Bisnis: KK ICT Based Management (IBM)) |
|
Distributor: |
Telkom University Dataverse |
Access Authority: |
Irawan, Herry |
Depositor: |
Irawan, Herry |
Date of Deposit: |
2023-03-31 |
Study Scope |
|
Keywords: |
Business and Management, Computer and Information Science, preferensi destinasi wisata, perpindahan wisatawan,Instagram, geotag, aturan asosiasi |
Abstract: |
Pariwisata adalah salah satu generator utama cadangan devisa nasional dengan pertumbuhan 10,1% per tahun. Pariwisata juga diharapkan akan menjadi kekuatan utama ekonomi lokal. Beberapa langkah ditempuh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata, salah satunya dengan penerapan teknologi komunikasi dan informasi atau dikenal dengan konsep smart tourism. Instagram adalah media yang memungkinkan pengguna dapat membagikan foto dan video. Data foto dan video pada Instagram di-generate oleh pengguna sendiri (user generated content). Media Instagram dapat menjadi alat ukur daya tarik pengunjung, mengidentifikasi point of interest popular suatu kota, saran destinasi wisata, dan bahkan membuat rute perjalanan wisata yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola kunjungan wisatawan dan preferensi tujuan wisata favorit pada 43 destinasi wisata pilihan di Bandung Raya berdasarkan data unggahan media sosial Instagram. Identifikasi pola perpindahan kunjungan wisatawan dilakukan dengan menggunakan metode association rules. Temuan dari penelitian ini adalah destinasi wisata dengan daya tarik wisata pusat perbelanjaan memiliki nilai support dan confidence yang lebih tinggi dibanding daya tarik wisata lainnya. Identifikasi destinasi wisata favorit didasarkan pada intensitas jumlah unggahan dari wisatawan (unique visitor). Penelitian ini berhasil mengidentifikasi bahwa top 3 diduduki oleh wisata pusat perbelanjaan, akan tetapi top 10 destinasi wisata didominasi oleh destinasi wisata dengan daya tarik wisata alam. Mayoritas destinasi wisata dengan daya tarik wisata rekreasi kota berada di urutan 20 terbawah. |
Methodology and Processing |
|
Sources Statement |
|
Data Access |
|
Notes: |
CC0 Waiver |
Other Study Description Materials |
|
File Description--f10316 |
|
File: data_bdgraya.tab |
|
|
|
Notes: |
UNF:6:LXGXtGJc6dEfPGIsKrNhtA== |
List of Variables: | |
Variables |
|
f10316 Location: |
Variable Format: character Notes: UNF:6:g2n+zekFgajxaZus8NwBGg== |
f10316 Location: |
Variable Format: character Notes: UNF:6:Ge6ZSlynijHfeLIU16Gcvg== |
f10316 Location: |
Variable Format: character Notes: UNF:6:MYGbz+u6Hhkx7eLHbA7q+g== |
f10316 Location: |
Variable Format: character Notes: UNF:6:WimuUSJerjnXytBVP7JJ5g== |