Analisis Perpindahan Wisatawan dan Preferensi Destinasi Wisata Favorit Berdasarkan Geotag Instagram (Studi Kasus pada Destinasi Wisata Bandung Raya) (doi:10.34820/FK2/NNTGLR)

View:

Part 1: Document Description
Part 2: Study Description
Part 3: Data Files Description
Part 4: Variable Description
Entire Codebook

Document Description

Citation

Title:

Analisis Perpindahan Wisatawan dan Preferensi Destinasi Wisata Favorit Berdasarkan Geotag Instagram (Studi Kasus pada Destinasi Wisata Bandung Raya)

Identification Number:

doi:10.34820/FK2/NNTGLR

Distributor:

Telkom University Dataverse

Date of Distribution:

2023-10-02

Version:

1

Bibliographic Citation:

Irawan, Herry; Nurhazizah, Eva, 2023, "Analisis Perpindahan Wisatawan dan Preferensi Destinasi Wisata Favorit Berdasarkan Geotag Instagram (Studi Kasus pada Destinasi Wisata Bandung Raya)", https://doi.org/10.34820/FK2/NNTGLR, Telkom University Dataverse, V1, UNF:6:LXGXtGJc6dEfPGIsKrNhtA== [fileUNF]

Study Description

Citation

Title:

Analisis Perpindahan Wisatawan dan Preferensi Destinasi Wisata Favorit Berdasarkan Geotag Instagram (Studi Kasus pada Destinasi Wisata Bandung Raya)

Identification Number:

doi:10.34820/FK2/NNTGLR

Authoring Entity:

Irawan, Herry (Fakultas Ekonomi & Bisnis: KK ICT Based Management (IBM))

Nurhazizah, Eva (Fakultas Ekonomi & Bisnis: KK ICT Based Management (IBM))

Distributor:

Telkom University Dataverse

Access Authority:

Irawan, Herry

Depositor:

Irawan, Herry

Date of Deposit:

2023-03-31

Study Scope

Keywords:

Business and Management, Computer and Information Science, preferensi destinasi wisata, perpindahan wisatawan,Instagram, geotag, aturan asosiasi

Abstract:

Pariwisata adalah salah satu generator utama cadangan devisa nasional dengan pertumbuhan 10,1% per tahun. Pariwisata juga diharapkan akan menjadi kekuatan utama ekonomi lokal. Beberapa langkah ditempuh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata, salah satunya dengan penerapan teknologi komunikasi dan informasi atau dikenal dengan konsep smart tourism. Instagram adalah media yang memungkinkan pengguna dapat membagikan foto dan video. Data foto dan video pada Instagram di-generate oleh pengguna sendiri (user generated content). Media Instagram dapat menjadi alat ukur daya tarik pengunjung, mengidentifikasi point of interest popular suatu kota, saran destinasi wisata, dan bahkan membuat rute perjalanan wisata yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola kunjungan wisatawan dan preferensi tujuan wisata favorit pada 43 destinasi wisata pilihan di Bandung Raya berdasarkan data unggahan media sosial Instagram. Identifikasi pola perpindahan kunjungan wisatawan dilakukan dengan menggunakan metode association rules. Temuan dari penelitian ini adalah destinasi wisata dengan daya tarik wisata pusat perbelanjaan memiliki nilai support dan confidence yang lebih tinggi dibanding daya tarik wisata lainnya. Identifikasi destinasi wisata favorit didasarkan pada intensitas jumlah unggahan dari wisatawan (unique visitor). Penelitian ini berhasil mengidentifikasi bahwa top 3 diduduki oleh wisata pusat perbelanjaan, akan tetapi top 10 destinasi wisata didominasi oleh destinasi wisata dengan daya tarik wisata alam. Mayoritas destinasi wisata dengan daya tarik wisata rekreasi kota berada di urutan 20 terbawah.

Methodology and Processing

Sources Statement

Data Access

Notes:

CC0 Waiver

Other Study Description Materials

File Description--f10316

File: data_bdgraya.tab

  • Number of cases: 146169

  • No. of variables per record: 4

  • Type of File: text/tab-separated-values

Notes:

UNF:6:LXGXtGJc6dEfPGIsKrNhtA==

Variable Description

List of Variables:

Variables

username

f10316 Location:

Variable Format: character

Notes: UNF:6:g2n+zekFgajxaZus8NwBGg==

querry

f10316 Location:

Variable Format: character

Notes: UNF:6:Ge6ZSlynijHfeLIU16Gcvg==

date

f10316 Location:

Variable Format: character

Notes: UNF:6:MYGbz+u6Hhkx7eLHbA7q+g==

x

f10316 Location:

Variable Format: character

Notes: UNF:6:WimuUSJerjnXytBVP7JJ5g==