View: |
Part 1: Document Description
|
Citation |
|
---|---|
Title: |
Pendekatan Ontologis Dalam Studi Literatur Kecerdasan Buatan Untuk Bisnis |
Identification Number: |
doi:10.34820/FK2/TRB2U3 |
Distributor: |
Telkom University Dataverse |
Date of Distribution: |
2022-09-21 |
Version: |
1 |
Bibliographic Citation: |
Telkom University, Eva Nurhazizah, 2022, "Pendekatan Ontologis Dalam Studi Literatur Kecerdasan Buatan Untuk Bisnis", https://doi.org/10.34820/FK2/TRB2U3, Telkom University Dataverse, V1 |
Citation |
|
Title: |
Pendekatan Ontologis Dalam Studi Literatur Kecerdasan Buatan Untuk Bisnis |
Identification Number: |
doi:10.34820/FK2/TRB2U3 |
Authoring Entity: |
Telkom University, Eva Nurhazizah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis : ICT Based Management (IBM)) |
Distributor: |
Telkom University Dataverse |
Access Authority: |
Telkom University, Eva Nurhazizah |
Depositor: |
Telkom University, Eva Nurhazizah |
Date of Deposit: |
2022-09-21 |
Study Scope |
|
Keywords: |
Business and Management, Kecerdasan buatan, ontologis, AI for business |
Abstract: |
Kecerdasan buatan (Artificial intelligence) menjadi topik yang banyak dibicarakan dalam literatur Teknologi Informasi. Sejak, kemunculannya pada tahun 1951, kecerdasan buatan menjadi komponen pokok dalam paradigma teknologi informasi dan prasyarat untuk kesuksesan organisasi secara umum. Kemajuan kecerdasan buatan menjadi jantung peningkatan kinerja semua teknologi lain dan evolusi Industri 4.0. Kecerdasan buatan banyak diimplementasikan di berbagai sektor bisnis. 71% dari organisasi dan pimpinan perusahaan melihat kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin sebagai “game-changer”. Sementara itu 78% pemilik merk telah atau berencana untuk mengimplementasikan kecerdasan buatan pada tahun 2020, dan pertumbuhan pasar kecerdasan buatan secara global diramalkan mencapai $118.6 triliun tahun 2025. Terdapat setidaknya sepuluh lini bisnis yang siap menggunakan kecerdasan buatan, yaitu pemasaran, penjualan, sumber daya manusia, IT center, call center, pemeliharaan Gedung, manufaktur, akuntansi dan keuangan, serta customer experience (Marr, 2020). Akan tetapi, implementasi di lapangan dari kecerdasan buatan dalam bisnis masih bias. Belum adanya referensi mengenai konsep mendasar implementasi kecerdasan buatan dalam bisnis. Perlu adanya kajian ontologi yang dapat menjelaskan model semantik dari implementasi kecerdasan buatan dalam bisnis. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui definisi mendasar kecerdasan buatan untuk bisnis dan sifat (nature) kecerdasan buatan untuk bisnis, serta mengetahui prinsip-prinsi yang menentukan implementasi kecerdasan buatan untuk bisnis. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan penelusuran Pustaka kemudian dimodelkan secara ontologis dengan menggunakan NLP yang akan dianalisis dengan menggunakan network analysis, tools yang akan digunakan adalah R studio. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi konsep dasar mengenai kecerdasan buatan untuk bisnis, memberikan informasi mengenai nature dari kecerdasan buatan untuk bisnis, dan prinsip-prinsip implementasi kecerdasan buatan untuk bisnis |
Methodology and Processing |
|
Sources Statement |
|
Data Access |
|
Notes: |
CC0 Waiver |
Other Study Description Materials |
|
Label: |
Resume Data_Abstrak_Conslucion.xlsx |
Notes: |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.spreadsheetml.sheet |