View: |
Part 1: Document Description
|
Citation |
|
---|---|
Title: |
Kompetensi Guru, Motivasi Guru, Budaya Organisasi, Komitmen Guru, Tunjangan Sertifikasi Guru, dan Kinerja Guru |
Identification Number: |
doi:10.34820/FK2/U5DETI |
Distributor: |
Telkom University Dataverse |
Date of Distribution: |
2022-03-31 |
Version: |
1 |
Bibliographic Citation: |
WULANDARI, ASTRI, 2022, "Kompetensi Guru, Motivasi Guru, Budaya Organisasi, Komitmen Guru, Tunjangan Sertifikasi Guru, dan Kinerja Guru", https://doi.org/10.34820/FK2/U5DETI, Telkom University Dataverse, V1 |
Citation |
|
Title: |
Kompetensi Guru, Motivasi Guru, Budaya Organisasi, Komitmen Guru, Tunjangan Sertifikasi Guru, dan Kinerja Guru |
Identification Number: |
doi:10.34820/FK2/U5DETI |
Authoring Entity: |
WULANDARI, ASTRI (Fakultas Ilmu Terapan / Bussines Resources, Marketing, and Tourism Strategy) |
Distributor: |
Telkom University Dataverse |
Access Authority: |
WULANDARI, ASTRI |
Depositor: |
WULANDARI, ASTRI |
Date of Deposit: |
2022-03-31 |
Study Scope |
|
Keywords: |
Business and Management |
Abstract: |
Pendidikan harus menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang dapat dimanfaatkan di dalam kehidupannya. Keberhasilan pembangunan di Indonesia di segala bidang akan bergantung pada sumber daya manusia sebagai asset bangsa dalam mengoptimalkan dan memaksimalkan perkembangan perekonomian. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dan ditempuh adalah melalui program pendidikan, baik melalui jalur pendidikan formal ataupun jalur pendidikan non formal, dan salah satu lembaga pada jalur pendidikan formal yang menyiapkan lulusannya untuk memiliki keunggulan di dunia kerja diantaranya melalui jalur pendidikan kejuruan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan bagian dari pendidikan menengah tingkat atas di Indonesia. Terjadi perubahan pola pandang dan kesadaran masyarakat terhadap pendidikan generasi muda, peningkatan kehidupan sosial dan ekonomi sebagian besar masyarakat serta jejaring (networking) yang bagus antara pihak sekolah dengan yayasan-yayasan atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang peduli terhadap pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan budaya organisasi terhadap komitment guru dan dampaknya terhadap kinerja guru yang dimoderasi oleh tunjangan sertifikasi profesi guru SMK Swasta di Provinsi Jawa Barat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru tetap SMK Swasta di provinsi Jawa Barat yang sudah bersetifikasi tunjangan sertifikasi profesi guru. Teknik pengambilan sampel berdasarkan pengambilan sampel berdasarkan kalster wilayah atau disebut dengan teknik Cluster Stratified Random Sampling, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian dengan menggunakan pendekatan yang bersifat obyektif, mencakup pengumpulan dan anlisis data kuantitatif serta menggunakan metode pengujian statistic, Sedangkan metode penelitian menggunakan descriptive survey dan explanatory surver. Dengan menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif. Jumlah responden 358 guru SMK yang sudah memiliki tunjangan serifikasi guru. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan model pengukuran (CFA) Hasil penelitian dalam peningkatan pengaruh kompetensi, motivasi, budaya organisasi terhadap komitmen, berpengaruh terhadap kinerja yang dimoderasi oleh tunjangan sertifikasi guru, maka disarankan untuk lebih meningkatkan komitmen dari dinas kependidikan dan dari guru itu sendiri, yang lebih nyata, lebih efektif dan berkesinambungan. Dalam peningkatan pengaruh Komitmen yang berpengaruh terhadap kinerja yang dimoderasi oleh tunjangan sertifikasi guru, maka disarankan untuk lebih meningkatkan komitmen dari dinas kependidikan provinsi/ Kabupaten/ Kota, komitmen kepala sekolah dan komitmen dari guru itu sendiri, yang lebih nyata, lebih efektif dan berkesinambungan. Peningkatan komitmen ini harus di awali oleh pihak pimpinan sekolah, melalui keteladananannya, disamping itu guru yang belum memperoleh tunjangan sertifikasi perlu dukungan dan bantuan dalam upaya percepatan perolehannya, dan bagi yang sudah memperoleh tujangan sertifikasi agar mengarahkan dan mendorong guru supaya lebih giat bekerja dan lebih bertanggung jawab serta lebih professional terhadap kewajibannya sebagai seorang guru yang memiliki kredibilitas yang baik. |
Methodology and Processing |
|
Sources Statement |
|
Data Access |
|
Notes: |
CC0 Waiver |
Other Study Description Materials |
|
Label: |
Rekap Kuesioner Astri.xlsx |
Notes: |
application/vnd.openxmlformats-officedocument.spreadsheetml.sheet |