ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESUKSESAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI UNIVERSITAS TELKOM (doi:10.34820/FK2/WXDARR)

View:

Part 1: Document Description
Part 2: Study Description
Part 5: Other Study-Related Materials
Entire Codebook

Document Description

Citation

Title:

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESUKSESAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI UNIVERSITAS TELKOM

Identification Number:

doi:10.34820/FK2/WXDARR

Distributor:

Telkom University Dataverse

Date of Distribution:

2022-03-30

Version:

1

Bibliographic Citation:

POERWITA SARY, FETTY, 2022, "ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESUKSESAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI UNIVERSITAS TELKOM", https://doi.org/10.34820/FK2/WXDARR, Telkom University Dataverse, V1

Study Description

Citation

Title:

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESUKSESAN E-LEARNING DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI UNIVERSITAS TELKOM

Identification Number:

doi:10.34820/FK2/WXDARR

Authoring Entity:

POERWITA SARY, FETTY (Fakultas Ekonomi dan Bisnis; Strategy, Human, Entrepreneurship and Economics)

Distributor:

Telkom University Dataverse

Access Authority:

POERWITA SARY, FETTY

Depositor:

POERWITA SARY, FETTY

Date of Deposit:

2022-03-30

Study Scope

Keywords:

Business and Management, Social Sciences

Abstract:

Fenomena pembelajaran online saat ini semakin bermunculan dan menjamur seiring dengan perkembangan infrastruktur dan teknologi internet di Indonesia. Pemerintah Indonesia terus mendorong pengembangan sistem pembelajaran online di semua jenjang pendidikan. Padahal, untuk kurikulum 2020 sudah dirancang dalam satu mata kuliah, terdapat 25 persen atau sekitar tiga hingga empat pertemuan dari total pertemuan yang diadakan secara online dalam satu semester. Dalam rangka memberikan penyiapan infrastruktur dan dukungan teknis yang baik demi kelancaran implementasi kurikulum berbasis blended learning semester ganjil 2020/2021, 25 mata kuliah diujicobakan dengan menggunakan blended learning. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan E-Learning dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Salah satu mata kuliah dari Program Studi MBTI yang diujicobakan adalah mata kuliah E-Commerce dan Manajemen Data. Sehingga sampel dan populasi penelitian ini adalah 88 mahasiswa kelas internasional yang mengambil mata kuliah E-Commerce yang telah menerapkan LMS CELOE. Data diolah melalui bantuan komputer dengan menggunakan program SPSS21 dan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X1 (penggunaan E-Learning) tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan variabel X2 (Motivasi) berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. E-Learning belum mendorong siswa untuk belajar secara mandiri dan menurut siswa pembelajaran E-Learning belum menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, masih diperlukan upaya untuk menyadarkan mahasiswa bahwa pembelajaran adalah kebutuhan dan harus ada dalam dirinya sendiri, dan bagi dosen tetap harus mempelajari desain pembelajaran untuk memvariasikan kegiatan yang dilakukan dalam kelas online, agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan.

Methodology and Processing

Sources Statement

Data Access

Notes:

CC0 Waiver

Other Study Description Materials

Other Study-Related Materials

Label:

file mentah riset 2 dan perhitungan deskriptif v1 dataverse.xlsx

Notes:

application/vnd.openxmlformats-officedocument.spreadsheetml.sheet