View: |
Part 1: Document Description
|
Citation |
|
---|---|
Title: |
DESIGN DEVELOPMENT OF ALPHABET AND BASIC NUMERIC LEARNING TOOL BASED ON INDONESIAN SIGN LANGUAGE FOR DEAF CHILDREN AGED 3-5 YEARS OLD |
Identification Number: |
doi:10.34820/FK2/Y7RCGU |
Distributor: |
Telkom University Dataverse |
Date of Distribution: |
2022-09-23 |
Version: |
1 |
Bibliographic Citation: |
Nurul Fitriana Bahri; Naomi Haswanto, 2022, "DESIGN DEVELOPMENT OF ALPHABET AND BASIC NUMERIC LEARNING TOOL BASED ON INDONESIAN SIGN LANGUAGE FOR DEAF CHILDREN AGED 3-5 YEARS OLD", https://doi.org/10.34820/FK2/Y7RCGU, Telkom University Dataverse, V1 |
Citation |
|
Title: |
DESIGN DEVELOPMENT OF ALPHABET AND BASIC NUMERIC LEARNING TOOL BASED ON INDONESIAN SIGN LANGUAGE FOR DEAF CHILDREN AGED 3-5 YEARS OLD |
Identification Number: |
doi:10.34820/FK2/Y7RCGU |
Authoring Entity: |
Nurul Fitriana Bahri (Fakultas Industri Kreatif - Design Concept & Strategy) |
Naomi Haswanto (Institut Teknologi Bandung) |
|
Distributor: |
Telkom University Dataverse |
Access Authority: |
Nurul Fitriana Bahri |
Depositor: |
Bahri, Nurul Fitriana |
Date of Deposit: |
2022-09-23 |
Study Scope |
|
Keywords: |
Arts and Humanities, Deaf children, learning tools, psychoanalysis, sign language, sociopsychological. |
Abstract: |
Proses pemahaman bahasa bagi anak tunarungu harus dimulai sejak dini. Hal ini dapat dimulai dengan memperkenalkan alfabet dan numerik dasar berdasarkan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia sebelum memasuki usia sekolah. Kombinasi bentuk dan gerakan pada alfabet dan numerik dasar yang kemudian akan membentuk gerakan pada kosakata dasar. Anak tunarungu tertarik pada hal-hal yang bersifat visual dan harus dilakukan pengulangan secara berkala agar anak tunarungu mampu memahami apa yang sedang diajarkan. Untuk mengakomodasi kebutuhan visual dalam proses pengenalan bahasa isyarat kepada anak tunarungu, dibutuhkan media pembelajaran sesuai dengan tahapan perkembangan anak tunarungu usia 3-5 tahun. |
Methodology and Processing |
|
Sources Statement |
|
Data Access |
|
Notes: |
CC0 Waiver |
Other Study Description Materials |
|
Related Publications |
|
Citation |
|
Bibliographic Citation: |
Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Asnawir, & Usman, B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. Bahri, Nurul (2016). Perancangan Media pembelajaran Alfabet dan Numerik Dasar berdasarkan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia untuk Anak Tunarungu Usia 3-5 Tahun di Rumah. eProceedings of Art and Design, 03, 1286-1293. Creswell, J. W. (2013). RESEARCH DESIGN Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR. Freud, S. (1983). Sekelumit Sejarah Psikoanalisa. Jakarta: Gramedia. Hallahan, D., & Kauffman, J. (1986). Exceptional Children, Introduction to Special Education. New York: Printice-Hall, Inc. Hernawati, T. (2007). Perkembangan Kemampuan Berbahasa dan Berbicara Anak Tunarungu. Jassi_Anakku, 7(1), 101-110. Iqbal, M. (2011). Pengenalan Bahasa Isyarat Indonesia Berbasis Sensor Flex dan Accelometer Menggunakan Dynamic Time Warping. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Ismail, A. (2009). Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media. Kamus Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI). (2001). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Kementrian Kesehatan RI. (2014). Situasi Penyandang Disabilitas. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan, pp. 25-27. Lefteri, C. (2014). Material for Design. London. Laurence King Publishing. Lisinus, R., & Pastiria, S. (2020). PEMBINAAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (Sebuah Perspektif Bimbingan dan Konseling). Yayasan Kita Menulis. Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3). Moores, D. F. (2001). Educating The Deaf: Psychology, Principles, and Practices. Boston: Houghton Mifflin Company. Openshaw, S., & Taylor, E. (2006). Ergonomics and Design A Reference Guide. Allsteel Inc. Palgunadi, B. (2008). Disain Produk 3 : Aspek-aspek Desain. Bandung: ITB. Parmawati, S. B. (2012). Efektivitas Pendekatan Modifikasi Perilaku dengan Teknik Fading dan Token Economy dalam Meningkatkan Kosakata Siswa Tunarungu Prelingual Profound. Depok: Universitas Indonesia. Rahmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Semiun, Y. (2006). Teori Kepribadian & Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: KANISIUS. Sumantri, S. (2005). Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud. Sobur, A. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susilana, R., & Riyana, C. (2009). MEDIA PEMBELAJARAN: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima. Sutarman, Majid, M. A., & Zain, J. M. (2013). A Review on The Development of Indonesian Sign Language Recognition System. Journal of Computer Science, 1496-1505. Tillman, B., Tillman, P., & Woodson. (1992). Human Factors Design Handbook. New York: McGraw-Hill. Utono, D. A. Desain Bahasa Gambar untuk Anak Tunarungu. Surabaya: FTSP ITS. Wijaya, E. (2013). Perancangan Mainan Greenplay sebagai Sarana Pembelajaran Peduli Lingkungan bagi Anak-anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, II, 1-18. |
Label: |
DATASET NFB KISI-KISI INSTRUMEN PENELITIAN.pdf |
Notes: |
application/pdf |