Pengalaman pengguna majalah digital (doi:10.34820/FK2/ZAB86B)

View:

Part 1: Document Description
Part 2: Study Description
Part 5: Other Study-Related Materials
Entire Codebook

(external link)

Document Description

Citation

Title:

Pengalaman pengguna majalah digital

Identification Number:

doi:10.34820/FK2/ZAB86B

Distributor:

Telkom University Dataverse

Date of Distribution:

2022-03-31

Version:

1

Bibliographic Citation:

mario, mario, 2022, "Pengalaman pengguna majalah digital", https://doi.org/10.34820/FK2/ZAB86B, Telkom University Dataverse, V1

Study Description

Citation

Title:

Pengalaman pengguna majalah digital

Identification Number:

doi:10.34820/FK2/ZAB86B

Authoring Entity:

mario, mario (Universitas Telkom, Fakultas Industri Kreatif)

Distributor:

Telkom University Dataverse

Access Authority:

mario, mario

Depositor:

mario, mario

Date of Deposit:

2022-03-31

Study Scope

Keywords:

Arts and Humanities, Computer and Information Science, Social Sciences, Majalah digital, pengalaman pengguna, preferensi pengguna

Abstract:

Bergesernya tren mediamenjadi digital mengharuskan perusahaan yang bergerak di bidang media cetak seperti majalah untuk berkembang ke ranah digital agar tidak kehilangan konsumen. Majalah sebagai media yang menyediakan informasi, perlu mengemasnyakedalam bentuk digital, karena apabila hal tersebut tidak dilakukan maka majalah tersebut ditinggalkankonsumen. Aplikasi majalah digital sebagai produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen untuk membaca, membuat developer aplikasi majalah digital perlu memahami kebutuhan pengguna. Dengan demikian, pengalaman pengguna yang ditawarkan oleh aplikasi majalah digital tentu saja menjadi pertimbanganagar aplikasi tersebut dapat menjadi salah satu preferensi pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran melalui metode User Experience Questionaire(UEQ) sebagai instrumen pengukuran pola user experiencedengan hasil data kuantitatif. Pengujian data kolektif menggunakan analisis korelasi, regresi, dan faktor untuk mengidentifikasi pengaruh user experienceterhadap preferensi pengguna. Hasil identifikasi dikaji lebih lanjut dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan desain yang ideal sebagai rekomendasi desain. Temuan penelitianmenunjukkan bahwa adanya pengaruh user experiencepada preferensi pengguna berdasarkan tiga faktor dominan, yaitu ramah pengguna terkait dengan kemudahan pengguna ketika menggunakan aplikasi majalah digital, kemudian faktor atraktif terkait dengan visual dan interaksi yang dapat menarik atensi pengguna, dan kecepatan yang terkait dengan seberapa efisien aplikasi majalah digital dapat diandalkan.

Methodology and Processing

Sources Statement

Data Access

Notes:

CC0 Waiver

Other Study Description Materials

Related Publications

Citation

Identification Number:

DOI: 10.25124/demandia.v6i2.3677

Bibliographic Citation:

PREFERENSI DAN USER EXPERIENCE PEMBACATERHADAPAPLIKASI MAJALAH DIGITAL”FLIPBOARD, KINDLE, DAN GRAMEDIA DIGITAL”, Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan Vol. 06 No. 02 (September 2021). ISSN 2477-6106 | E-ISSN 2502-2431

Other Study-Related Materials

Label:

Dataverse.pdf

Text:

Data pengalaman pengguna

Notes:

application/pdf