View: |
Part 1: Document Description
|
Citation |
|
---|---|
Title: |
Pengalaman pengguna majalah digital |
Identification Number: |
doi:10.34820/FK2/ZAB86B |
Distributor: |
Telkom University Dataverse |
Date of Distribution: |
2022-03-31 |
Version: |
1 |
Bibliographic Citation: |
mario, mario, 2022, "Pengalaman pengguna majalah digital", https://doi.org/10.34820/FK2/ZAB86B, Telkom University Dataverse, V1 |
Citation |
|
Title: |
Pengalaman pengguna majalah digital |
Identification Number: |
doi:10.34820/FK2/ZAB86B |
Authoring Entity: |
mario, mario (Universitas Telkom, Fakultas Industri Kreatif) |
Distributor: |
Telkom University Dataverse |
Access Authority: |
mario, mario |
Depositor: |
mario, mario |
Date of Deposit: |
2022-03-31 |
Study Scope |
|
Keywords: |
Arts and Humanities, Computer and Information Science, Social Sciences, Majalah digital, pengalaman pengguna, preferensi pengguna |
Abstract: |
Bergesernya tren mediamenjadi digital mengharuskan perusahaan yang bergerak di bidang media cetak seperti majalah untuk berkembang ke ranah digital agar tidak kehilangan konsumen. Majalah sebagai media yang menyediakan informasi, perlu mengemasnyakedalam bentuk digital, karena apabila hal tersebut tidak dilakukan maka majalah tersebut ditinggalkankonsumen. Aplikasi majalah digital sebagai produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen untuk membaca, membuat developer aplikasi majalah digital perlu memahami kebutuhan pengguna. Dengan demikian, pengalaman pengguna yang ditawarkan oleh aplikasi majalah digital tentu saja menjadi pertimbanganagar aplikasi tersebut dapat menjadi salah satu preferensi pengguna. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran melalui metode User Experience Questionaire(UEQ) sebagai instrumen pengukuran pola user experiencedengan hasil data kuantitatif. Pengujian data kolektif menggunakan analisis korelasi, regresi, dan faktor untuk mengidentifikasi pengaruh user experienceterhadap preferensi pengguna. Hasil identifikasi dikaji lebih lanjut dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan desain yang ideal sebagai rekomendasi desain. Temuan penelitianmenunjukkan bahwa adanya pengaruh user experiencepada preferensi pengguna berdasarkan tiga faktor dominan, yaitu ramah pengguna terkait dengan kemudahan pengguna ketika menggunakan aplikasi majalah digital, kemudian faktor atraktif terkait dengan visual dan interaksi yang dapat menarik atensi pengguna, dan kecepatan yang terkait dengan seberapa efisien aplikasi majalah digital dapat diandalkan. |
Methodology and Processing |
|
Sources Statement |
|
Data Access |
|
Notes: |
CC0 Waiver |
Other Study Description Materials |
|
Related Publications |
|
Citation |
|
Identification Number: |
DOI: 10.25124/demandia.v6i2.3677 |
Bibliographic Citation: |
PREFERENSI DAN USER EXPERIENCE PEMBACATERHADAPAPLIKASI MAJALAH DIGITAL”FLIPBOARD, KINDLE, DAN GRAMEDIA DIGITAL”, Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan Vol. 06 No. 02 (September 2021). ISSN 2477-6106 | E-ISSN 2502-2431 |
Label: |
Dataverse.pdf |
Text: |
Data pengalaman pengguna |
Notes: |
application/pdf |