STRATEGI BISNIS DAN PROGRAM FUNGSIONAL PADA USAHA ROTI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS DAN MATRIKS SWOT (doi:10.34820/FK2/IGQ81O)

View:

Part 1: Document Description
Part 2: Study Description
Part 5: Other Study-Related Materials
Entire Codebook

Document Description

Citation

Title:

STRATEGI BISNIS DAN PROGRAM FUNGSIONAL PADA USAHA ROTI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS DAN MATRIKS SWOT

Identification Number:

doi:10.34820/FK2/IGQ81O

Distributor:

Telkom University Dataverse

Date of Distribution:

2023-10-05

Version:

1

Bibliographic Citation:

Pasaribu, Rina Djunita; Pertiwi, Adelia Nadya; Sugiharto, Zharfan Inzaghi, 2023, "STRATEGI BISNIS DAN PROGRAM FUNGSIONAL PADA USAHA ROTI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS DAN MATRIKS SWOT", https://doi.org/10.34820/FK2/IGQ81O, Telkom University Dataverse, V1

Study Description

Citation

Title:

STRATEGI BISNIS DAN PROGRAM FUNGSIONAL PADA USAHA ROTI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS DAN MATRIKS SWOT

Identification Number:

doi:10.34820/FK2/IGQ81O

Authoring Entity:

Pasaribu, Rina Djunita (Fakultas Ekonomi dan Bisnis - Strategy, Human, Entrepreneurship and Economics)

Pertiwi, Adelia Nadya (Telkom University)

Sugiharto, Zharfan Inzaghi (Telkom University)

Distributor:

Telkom University Dataverse

Access Authority:

Pasaribu, Rina Djunita

Depositor:

Pasaribu, Rina Djunita

Date of Deposit:

2023-03-31

Study Scope

Keywords:

Business and Management

Abstract:

Ketatnya persaingan bisnis roti dan dinamisnya era digitalisasi saat ini menuntut Josh Gandos Bakery (JGB), sebuah toko roti dan kue tradisional di Karawang, untuk terus mengembangkan strategi agar bisnisnya bertahan dan berkembang. Terkait hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi dan program fungsional perusahaan dengan menggunakan pendekatan analisis dan matriks SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Metoda penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara (mendalam). Narasumber diambil dari tiga grup pemangku kepentingan utama yaitu perusahaan, pemasok dan pelanggan. Analisis lingkungan internal (S dan W) dilakukan berdasarkan fungsional bisnis dan analisis lingkungan eksternal (O dan T) menggunakan teori Porter’s 5-Force. Proses pencocokan matriks SWOT menghasilkan strategi pengembangan bisnis yang dijabarkan dalam program untuk mengimplementasikannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang perlu dilakukan JGB adalah kedua strategi generik Porter yaitu strategi kepemimpinan biaya dan diferensiasi. Kontribusi penelitian yang dianggap paling bermanfaat bagi JGB adalah jabaran strategi berupa program fungsional karena implementatif bagi perusahaan. Program yang dinilai paling prioritas adalah melakukan inovasi produk dengan pendekatan green program.

Methodology and Processing

Sources Statement

Data Access

Notes:

CC0 Waiver

Other Study Description Materials

Other Study-Related Materials

Label:

dataset STRATEGI BISNIS DAN PROGRAM FUNGSIONAL PADA USAHA ROTI DENGAN PENDEKATAN ANALISIS DAN MATRIKS SWOT.pdf

Notes:

application/pdf