Dataset Persistent ID
|
doi:10.34820/FK2/NNTGLR |
Publication Date
|
2023-10-02 |
Title
|
Analisis Perpindahan Wisatawan dan Preferensi Destinasi Wisata Favorit Berdasarkan Geotag Instagram (Studi Kasus pada Destinasi Wisata Bandung Raya)
|
Author
|
Irawan, Herry (Fakultas Ekonomi & Bisnis: KK ICT Based Management (IBM)) - ScopusID: 57008960800
Nurhazizah, Eva (Fakultas Ekonomi & Bisnis: KK ICT Based Management (IBM))
|
Contact
|
Use email button above to contact.
Irawan, Herry (Fakultas Ekonomi & Bisnis: KK ICT Based Management (IBM))
|
Description
|
Pariwisata adalah salah satu generator utama cadangan devisa nasional dengan pertumbuhan 10,1% per tahun. Pariwisata juga diharapkan akan menjadi kekuatan utama ekonomi lokal. Beberapa langkah ditempuh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata, salah satunya dengan penerapan teknologi komunikasi dan informasi atau dikenal dengan konsep smart tourism. Instagram adalah media yang memungkinkan pengguna dapat membagikan foto dan video. Data foto dan video pada Instagram di-generate oleh pengguna sendiri (user generated content). Media Instagram dapat menjadi alat ukur daya tarik pengunjung, mengidentifikasi point of interest popular suatu kota, saran destinasi wisata, dan bahkan membuat rute perjalanan wisata yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola kunjungan wisatawan dan preferensi tujuan wisata favorit pada 43 destinasi wisata pilihan di Bandung Raya berdasarkan data unggahan media sosial Instagram. Identifikasi pola perpindahan kunjungan wisatawan dilakukan dengan menggunakan metode association rules. Temuan dari penelitian ini adalah destinasi wisata dengan daya tarik wisata pusat perbelanjaan memiliki nilai support dan confidence yang lebih tinggi dibanding daya tarik wisata lainnya. Identifikasi destinasi wisata favorit didasarkan pada intensitas jumlah unggahan dari wisatawan (unique visitor). Penelitian ini berhasil mengidentifikasi bahwa top 3 diduduki oleh wisata pusat perbelanjaan, akan tetapi top 10 destinasi wisata didominasi oleh destinasi wisata dengan daya tarik wisata alam. Mayoritas destinasi wisata dengan daya tarik wisata rekreasi kota berada di urutan 20 terbawah. (2022-06-20)
|
Subject
|
Business and Management; Computer and Information Science
|
Keyword
|
preferensi destinasi wisata, perpindahan wisatawan,Instagram, geotag, aturan asosiasi
|
Language
|
English
|
Depositor
|
Irawan, Herry
|
Deposit Date
|
2023-03-31
|